MODUL AJAR IPS
PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
PENYEBARAN BUDAYA PADA MASA ISLAM
I. Informasi
Umum
A.
Identitas Penulis Modul
Instansi : SMP Negeri 3 Gringsing
Semester : Ganjil/ Satu
Tahun Pelajaran : 2023/2024
Jenjang/Kelas : SMP/VIII
Fase : D
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
B.
Kompetensi Awal
Peserta
didik dapat menghubungkan kondisi geografis dengan kegiatan perdagangan
Nusantara pada awal Masehi dengan baik.
C.
Profil Pelajar
Pancasila
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan
berakhlak mulia. Bergotong royong, Bernalar kritis,
Mandiri dan Kreatif, serta berkebinekaan Global
D. Acuan Alur Tujuan
Pembelajaran : https://docs.google.com/document/d/13dllED_dF6YE-ffvIWoIFWvtKgMR0M73/edit?usp=sharing&ouid=109879184661335756790&rtpof=true&sd=true
E.
Sarana dan Prasarana :
-
Menyiapkan Perangkat Pembelajaran
-
Menyiapkan Media Gambar, peta, video kegiatan dan barang perdagangan kuno, Laptop, HP, Jaringan
internet, LKPD Penyebaran Budaya Masa Kerajaan Islam.
F.
Target Murid
Murid
Reguler
G.
Model Pembelajaran
Discovery
Learning
H.
Metode
Diskusi
Tatap Muka
II. KOMPONEN
INTI
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi
ini peserta didik diharapakan:
1. Dengan
mengggunakan media yang dipilihnya sendiri, murid dapat menyebutkan nama-nama
wali sogo minimal 5 dengan benar.
2. Dengan berdiskusi kelompok, murid dapat menjelaskan daya tarik
agama islam bagi masyarakat Indonesia dengan benar.
3. Melalui
Literasi, murid dapat menyebutkan cara-cara penyebaran agama islam di Indonesia
minimal 4 cara dengan benar.
4. melalui
cara belajar yang dipilihnya sendiri, murid dapat menganalisis perubahan budaya
pada masa kerajaan Islam
B. Pemahaman
Bermakna
Peserta didik mampu
menghargai keberagaman budaya di Indonesia dengan msuknya Islam ke Indonesia
C. Pertanyaan Pemantik
Tahukah kamu peran wayang kulit
dalam penyebaran budaya Islam ke Indonesia?
D. Persiapan
pembelajaran
1. Menyiapkan
LKPD
2. Menyiapkan
Bahan Tayang
3. Menyiapkan
alat peraga
E. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Tahap Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi
Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
15’ |
|
|
1.
Guru membuka kegiatan dengan mengucapkan salam 2.
Guru melakukan presensi/mengecek kehadiran murid 3.
Guru bersama-sama murid memulai pembelajaran dengan berdoa
(membaca basmalah) 4.
Guru memberikan motivasi dengan tepuk konsentrasi 5.
Guru membimbing murid untuk mmebuka link padlet yang sudah
dibagi via grup WA https://id.padlet.com/ulyaspega/penyebaran-budaya-masa-kerajaan-islam-64661dljgg18h84y 6.
Guru mengajak murid untuk sekilas mengingat pembelajaran yang
lalu 7.
Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari hari ini
yaitu: Penyebaran Budaya pada masa Islam secara garis besar saja. 8.
Apersepsi (Memberikan pertanyaan pemantik) Apakah peran wayang kulit dalam
penyebaran budaya Islam ke Indonesia? 9.
Guru memberikan penguatan terhadap
jawaban murid atau memberikan scaffolding untuk menyelesaikan masalah
tersebut dengan menampilkan penyelesaian dari sumber internet/video/buku
referensi dari perpustakaan, apabila tidak ada murid yang memberikan jawaban
yang benar. (Menanyakan kesiapan
belajar siswa terhadap materi baru yang akan dipelajari). (Kegiatan rutin
ditujukan untuk membangun suasana pembelajaran yang positif dan mempersiapkan
murid untuk melakukan kegiatan pembelajaran selanjutnya) 10.
Setelah memetakan kebutuhan belajar
murid, guru menyiapkan kebutuhan tersebut sesuai dengan profil belajar
masing-masing murid seperti : (diferensiasi
konten) § Visual
(gambar-gambar mengenai materi yang akan dibahas hari ini) § Audiotory
(mendengarkan penjelasan guru, mendengarkan audio atau dari video) § Kinestetik
(murid bergerak untuk mencari materi yang di tempel di dinding kelas). 11.
Guru menginformasikan
capaian dan tujuan pembelajaran hari ini. 12.
Guru menyampaikan terkait dengan evaluasi pembelajaran dengan
menyampaikan teknik penilaian yang digunakan dalam materi ini. 13.
Guru mengingatkan keyakinan kelas (KSE Kesadaran Diri) 14.
Guru melaksanakan Ice Breaking (KSE Kesadaran Diri) STOP sejenak · Sebagai ice breaking dilakukan tebak-tebakan emosi (disajikan
gambar di padlet kemudian siswa menebak emosi pada gambar) KSE 1 Kesadaran Diri (Mengelola Emosi) · Diberikan 4 gambar emosi (senang, marah, kecewa, dan sedih),
siswa menggambarkan salah satu gambar emosi tersebut. Kemudian guru meminta
siswa untuk mengungkapkan tentang perasaannya. · Guru meminta siswa untuk memberikan opini berupa solusi yang
dapat dilakukannya jika temannya mengalami salah satu emosi pada gambar. KSE 3 Kesadaran Sosial (Empati) · Siswa melakukan teknik STOP
(rileks) dipandu guru setelah berusaha mengenali perasaannya maupun perasaan
temannya agar kembali fokus dan siap menerima materi pelajaran berikutnya. |
|
Kegiatan Inti pembelajaran |
55’ |
|
Sintak Discovery
Learning: |
A.
Pemberian rangsangan
(Stimulation) 1.
Pemberian masalah kontekstual, peserta
didik mengamati dan mendiskusikan permasalahan tentang penyebaran budaya pada masa kerajaan Islam (Diferensiasi
Konten). 2.
Murid melaksanakan kegiatan Literasi membaca materi perdagangan
Nusantara pada awal masehi dari
berbagai sumber belajar dengan buku
teks dan browsing internet menggunakan HP (Diferensiasi Konten). B.
Pernyataan atau
identifikasi masalah (Problem Statement) Guru memberikan masalah untuk didiskusikan bersama kelompok
masing-masing: 1. Sebutkan
nama-nama wali sogo yang menyebarkan agama islam di jawa! 2. Apa saja daya tarik agama islam bagi masyarakat Indonesia? 3. Bagaimanakah
cara masuk agam Islam ke Indonesia? 4. Apa
sajakah perubahan budaya
pada masa kerajaan Islam? C.
Pengumpulan Data (Data
Collection) 1.
Guru membentuk kelompok menjadi 3
sesuai dengan profil belajar, Kelompok A adalah kelompok belajar Auditory
Kelompok B adalah kelompok belajar Visual. Kelompok C adalah kelompok belajar
Kinestetik (Diferensiasi Proses)
3.
Guru keliling membimbing dan mengamati pengerjaan tugas kelompok
kecil sesuai kebutuhan (Diferensiasi Proses); D.
Pengolahan Data (data
processing) 1.
Murid mendapatkan bimbingan dari guru untuk menyelesaikan LKPD
Penyebaran Budaya masa Kerajaan Islam 2.
Murid saling berinteraksi dengan guru dan teman sekelompoknya
dalam menyelesaikan LKPD Penyebaran Budaya masa Kerajaan Islam. (KSE Kesadaran sosial dan Ketrampilan Berelasi) 3.
Murid mendapatkan pendampingan dari guru dalam menyelesaikan
proyeknya bersama kelompoknya. E.
Pembuktian
(Verification) 1.
Kelompok Auditory, ditugaskan
mempersiapkan presentasi tentang permasalahan yang disajikan guru untuk di
presentasikan di depan kelas. 2.
Kelompok Visual, ditugaskan membuat
Mind Map sesuai minat dan kreativitas kelompok 3.
Kelompok Kinestetik, ditugaskan untuk
mencocokkan (math and match) soal dengan jawaban yang di tempel di papan
tulis (diferensiasi produk) F.
Menarik
simpulan/generalisasi (generalisasi) 1.
Murid bersama guru mengambil simpulan setelah mengerjakan dan
presentasi LKPD sesuai tugas masing-masing kelompok. (KSE
Keterampilan Berelasi) 2.
Murid meyempurnakan serta hasil diskusi setelah kegiatan
presentasi |
|
Kegiatan Penutup |
10’ |
|
|
1.
Memastikan peserta didik mengumpulkan
hasil isian LKPD, dan menyelesaikan latihan (KSE Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab) 2.
Guru bersama murid membuat kesimpulan pembelajaran hari ini
4.
Guru melaksanakan PSE Terintegrasi
dalam mata pelajaran dengan KSE Kesadaran
diri - pengenalan emosi yaitu meminta siswa menuliskan refleksi di kertas
tentang perasaan mereka, serta Tingkat pemahaman mereka dalam mengikuti
pembelajaran |
|
Guru
melaksanakan PSE rutin, KSE
Pengelolaan diri - mengelola emosi dan fokus yaitu meminta siswa di kelas
yang diampu menuliskan di selembar kertas tentang aktivitas seminggu ini,
baik di sekolah maupun di rumah, mengingat peristiwa yang berkesan,
menuliskan dengan rinci serta menuliskan langkah-langkah penyelesaian yang
dianggap paling baik dan tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Teknik
yang digunakan adalah Membuat Jurnal
Diri |
F.
Asesmen
a.
Penilaian
1.
Asesmen Diagnostik Non Kognitif : Observasi
Profil Belajar Siswa
2.
Asesmen formatif melalui tugas kelompok (LKPD)
3.
Asesmen sumatif:
-
Pengetahuan dengan tes tertulis bentuk essay
-
Ketrampilan dengan membuat Infografis, Paparan,
Video, Slide Jejak Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia.
4.
Asesmen sikap murid dengan melakukan observasi
menggunakan
jurnal penilaian sikap
b.
Pembelajaran
Remidial
Berdasarkan hasil analisis penilaian
harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan
pembelajaran remedial dalam bentuk;
1.
bimbingan perorangan jika peserta didik
yang belum tuntas ≤ 20%;
2.
belajar kelompok jika peserta didik yang
belum tuntas antara 20% dan 50%; dan
3.
pembelajaran ulang jika peserta didik
yang belum tuntas ≥ 50%
c.
Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian,
peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan
dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal materi selanjutnya yaitu
Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia.
d.
Bahan
Ajar
Terlampir
LAMPIRAN 1
PENYEBARAN BUDAYA PADA MASA ISLAM
Adapun jalur yang digunakan dalam penyebaran agama Islam di Indonesia adalah sebagai berikut:
1.
Melalui Jalur
Perdagangan
Islam diperkirakan masuk ke Indonesia melalui jalur
perdagangan sejak abad ke-7 hingga abad ke-11. Menurut pernyataan dari para
saudagar dari luar maupun Indonesia sendiri, Islam disebarkan di sepanjang
jalur perdagangan pelabuhan, seperti Selat Malaka, Samudra, Palembang, disusul
Demak, Cirebon, Gresik, Tuban, Makassar, serta Indonesia bagian timur.
2.
Melalui Jalur
Pernikahan
Islam masuk ke Indonesia salah satunya berkat pernikahan.
Jalur pernikahan ini ditempuh para ulama sekitar abad ke-11 hingga ke-13 M.
Para saudagar muslim dari Gujarat, Arab, Benggala, dan lainnya menikah dengan
orang Indonesia
3.
Melalui Jalur
Pendidikan
Selain perdagangan dan pernikahan, Islam masuk ke
Indonesia melalui jalur pendidikan. Jalur ini dibentuk oleh para da'i yang
mengabdikan dirinya untuk menyebarkan Islam ke wilayah baru, salah satunya
Indonesia.
4.
Kesenian
Kebudayaan lokal ternyata dapat digunakan sebagai cara
menyebarkan Islam di Nusantara. Para pendakwah Islam awal di Jawa, terutama
para Wali Songo, melakukan syiar Islam dengan cara memadukan ajaran agama dan
tradisi lokal, seperti seni musik, tari, sastra, ukir, hingga bangunan.
5.
Dakwah
Sebagian pendatang muslim di Indonesia memiliki tujuan
dan niat untuk berdakwah. Hal inilah yang menjadi salah satu cara penyebaran
Islam ke Indonesia. Selain dari pendatang, dakwah juga dilakukan oleh para santri dan keturunan dari
pedagang muslim.
Penyebaran Islam melalui dakwah di kalangan para santri
tak dapat dilepaskan dari peran pesantren. Sebab, setelah selesai menuntut ilmu
di pesantren, para santri diharapkan dapat menyebarkan ajaran Islam melalui
dakwah di lingkungan asalnya. Melalui cara ini, agama Islam terus tersebar ke
seluruh penjuru Nusantara.
Lampiran
2
LEMBAR KERJA MURID (LKPD)
Nama Kelompok :
Anggota Kelompok : _________________________
_________________________
_________________________
_________________________
PENYEBARAN BUDAYA PADA MASA ISLAM
Pertanyaan |
Jawaban |
Skor |
1. Sebutkan nama-nama Wali Songo!
|
|
4 |
2. Bagaimanakah cara penyebaran Islam di Indonesia? |
|
4 |
3. Apa yang menjadi daya tarik Islam sehingga banyak warga
Indonesia yang tretarik dan mengikuti ajaran Islam? |
1.
Syarat untuk masuk agama Islam sangat
mudah, yaitu hanya dengan mengucap
dua kalimat syahadat yang berisi pengakuan tidak ada tuhan selain Allah,
dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. 2.
Upacara-upacara dalam agama Islam sangat sederhana 3.
Adanya faktor politik yang ikut
memperlancar penyebaran Islam di Indonesia
yaitu masa keruntuhan kerajaan Majapahit dan kerajaan Sriwijaya. 4.
Agama Islam tidak mengenal sistem kasta
dan menganggap semua manusia mempunyai kedudukan yang sama
di hadapan Allah. 5.
Proses
penyebaran agama Islam
di Indonesia dilakukan secara damai tanpa kekerasan melalui pendekatan budaya
yang disesuaikan dengan
adat dan tradisi
bangsa Indonesia. |
6 |
4. Apa saja perubahan budaya pada masa Islam dalam bidang: a.
Seni Bangunan b.
Seni pertunjukan c.
Sastra |
a.
Seni Bangunan Bangunan masjid di Indonesia pada jaman
perkembangan Islam me- miliki
bentuk yang unik merupakan hasil akulturasi
(percampuran) antara budaya Islam dan budaya
yang telah berkembang sebelumnya b.
Seni Pertunjukan Mulai muncul seni pertunjukan seperti
debus, wayang kulit, dan seudati c.
Sastra berkembanglah hikayat, babad,
suluk. |
6 |
Penilaian = jumlah
skor/2 x 10 |
Lampiran
3
PENUGASAN MANDIRI
MEMBUAT CATATAN TENTANG MATERI YANG
BARU DIPELAJARI
Petunjuk:
1. Bacalah sumber belajar yang sesuai
minat kalian seperti buku paket, artikel di internet, video di youtube tentang
kerajaan Islam di Indonesia
2. Buatlah rangkuman materi tersebut
3. Rangkuman boleh dibuat dalam bentuk catatan,
Mind Map, video, slide PPT, gambar, ataupun voice note.
4. Buatlah rangkuman sesuai dengan
minat dan kemampuan masing-masing.
5. Laporan dikumpulkan 1 minggu setelah
pertemuan ini.
6. Happy n enjoy dalam mengerjakan
tugas.
Rubrik Penilaian
Aspek Penilaian |
Uraian |
Nilai |
Waktu
Pengumpulan |
Tepat
waktu +
1 hari +
2 hari +
3 hari Lebih
4 hari |
25 20 15 10 5 |
Ketepatan
Informasi |
Terdapat
5 informasi dan benar Terdapat
4 informasi dan benar Terdapat
3 informasi dan benar Terdapat
2 informasi dan benar Terdapat
1 insormasi dan benar |
50 40 30 20 10 |
Kreatifitas
Laporan |
|
25 |
Total Maksimal Nilai = 100 |
Lampiran 4
Lembar Penilaian Sikap
Catatan
Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual dan Sosial
Kelas : ……
Hari, Tanggal : ....................................
Butir Sikap : 1. Jujur 2. Disiplin
Materi Pokok : ……...............................
No |
Waktu |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
Tindak Lanjut |
Tanda Tangan |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
|
|
|
|
13 |
|
|
|
|
|
|
14 |
|
|
|
|
|
|
15 |
|
|
|
|
|
|
16 |
|
|
|
|
|
|
17 |
|
|
|
|
|
|
18 |
|
|
|
|
|
|
19 |
|
|
|
|
|
|
20 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
Lampiran 5
LEMBAR
OBSERVASI |
||||||||||
DISKUSI
DAN KINERJA PRESENTASI |
||||||||||
MATA PELAJARAN |
: IPS |
|
||||||||
MATERI |
: PENYEBARAN
BUDAYA PADA MASA ISLAM |
|
||||||||
KELAS.SEMESTER |
: VIII/GENAP |
|
||||||||
NO |
NAMA |
PENILAIAN |
NILAI |
|||||||
Keaktifan
siswa (40) |
Kerjasama
(30) |
Penguasaan
Materi (30) |
||||||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|||||
Lampiran 6
LEMBAR KERJA MURID (LKPD)
Nama Kelompok :
Anggota Kelompok : _________________________
_________________________
_________________________
_________________________
Petunjuk:
1. Bacalah materi pada sumber belajar
sesuai dengan minat kalian!
2. Diskusikan dan selesaikan masalah
berikut ini bersama kelompokmu!
3. Presentasikan di depan kelas!
PENYEBARAN
BUDAYA PADA MASA ISLAM
Pertanyaan |
Jawaban |
1.
Sebutkan nama-nama Wali Songo!
|
|
2.
Bagaimanakah cara penyebaran Islam
di Indonesia? |
|
3.
Apa yang menjadi daya tarik Islam
sehingga banyak warga Indonesia yang tretarik dan mengikuti ajaran Islam?
|
|
4. Apa saja perubahan budaya pada masa Islam dalam bidang: a.
Seni Bangunan b.
Seni pertunjukan c.
Sastra |
|
Lampiran 7
LEMBAR KERJA MURID (LKPD)
Kelompok Visual
Nama Kelompok :
Anggota Kelompok : _________________________
_________________________
_________________________
_________________________
Petunjuk:
1. Bacalah materi pada sumber belajar
sesuai dengan minat kalian!
2. Diskusikan dan selesaikan masalah
berikut ini bersama kelompokmu!
3. Buatlah Mind Map sesuai dengan
keinginan dan minat kalian, yang isinya tentang:
1. Nama-nama wali songo
2. Cara penyebaran Islam di Indonesia
3. Daya tarik islam di Indonesia
4. Perubahan budaya pada masa Islam di
bidang bangunan, seni pertunjukan dan sastra
4. Presentasikan di depan kelas!
Lampiran 10
GLOSARIUM
Wali Songo
|
:
|
Tokoh Islam yang
dihormati di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, karena peran historis mereka
dalam penyebaran agama Islam di Indonesia |
Perdagangan |
: |
kegiatan tukar menukar barang
atau jasa atau keduanya yang berdasarkan kesepakatan bersama bukan pemaksaan. |
Pernikahan |
: |
hubungan permanen antara
dua orang yang diakui sah oleh masyarakat yang bersangkutan yang berdasarkan
atas peraturan perkawinan yang berlaku. |
Dakwah |
: |
kegiatan yang bersifat
menyeru, mengajak dan memanggil manusia untuk beriman dan taat kepada Allah
sesuai dengan akidah, akhlak dan syariat Islam secara sadar dan terencana. |
Wayang Kulit |
: |
bentuk tradisional dari
kesenian wayang yang aslinya ditemukan dalam budaya Jawa dan Bali di
Indonesia. |
Masjid |
: |
tempat salat bagi umat
Islam. Masjid biasanya tertutup bangunan, tetapi bisa menjadi tempat salat
dilakukan, termasuk halaman luar |
Menara |
: |
sebuah struktur buatan
manusia dan tingginya lebih dari lebarnya. Menara selalu dibangun untuk
menjadi sebuah mercu tanda sebuah organisasi |
Bale Kulkul |
: |
paviliun Bali yang
sesuai dengan namanya, merupakan bale atau bangunan untuk penempatan kulkul
atau kentungan |
Makam |
: |
tempat penyimpanan untuk
sisa-sisa orang yang telah mati. Pusara umumnya adalah ruang penguburan atau
ruang penguburan yang tertutup secara struktural, dengan berbagai ukuran. |
Ngaben |
: |
upacara kremasi yang
dilakukan oleh umat hindu di Bali dan tergolong sebagai upacara Pitra Yadnya. |
Seni Ukir |
: |
menggoreskan atau memahat
huruf-huruf dan gambar pada kayu atau logam, sehingga menghasilkan bentuk
timbul dan cekung atau datar sesuai dengan gambar rencana. |
Seni Pertunjukan |
: |
karya seni yang
melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. |
Debus |
: |
Debus adalah kesenian
bela diri masyarakat Sunda Banten di Provinsi Banten. Kesenian ini menyebar
ke wilayah Parahyangan. Kesenian ini mempertunjukan kemampuan manusia yang
kebal terhadap senjata tajam, air keras, dan lain-lain |
Seudati |
: |
salah satu tarian
tradisional yang berasal dari daerah Aceh. Tarian ini biasanya ditarikan oleh sekelompok penari pria
dengan gerakannya yang khas dan enerjik serta diiringi oleh syair dan suara
hentakan para penari |
Hikayat |
: |
Hikayat adalah cerita
Melayu klasik yang menonjolkan unsur penceritaan berciri kemustahilan dan
kesaktian para tokohnya. |
Babad |
: |
Babad berisi cerita sejarah, tetapi isinya tidak selalu
berdasarkan fakta. Tulisan Babad berisinya campuran antara fakta sejarah, mitos, dan kepercayaan |
Suluk |
: |
Suluk adalah karya sastra yang berupa
kitab-kitab dan isinya menjelaskan soal-soal tasawuf |
Lampiran
11
DAFTAR PUSTAKA
Supardi, dkk. 2021. Buku Panduan Guru untuk SMP Kelas VIII. Jakarta:
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Supardi, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP Kelas VII.
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
https://id.padlet.com/ulyaspega/penyebaran-budaya-masa-kerajaan-islam-64661dljgg18h84y
KEGIATAN PADA PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL
KSE
1 : Kesadaran Diri (Pengenalan Emosi)
1. Guru
membiasakan murid berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
2. Guru
mengingatkan keyakinan kelas
3. Guru
melakukan Ice Breaking
4. Guru
menggali perasaan murid
Menceritakan apa yang sedang dirasakan
secara lisan
KSE
2: Kesadaran sosial (Empati)
1.
Guru
meminta tanggapan murid lain untuk menanggapi perasaan teman lainnya
Nama
teman |
|
Tanggapan |
|
2.
Guru memberi kesempatan
kepada setiap murid untuk memberikan pendapat dalam diskusi dan meminta murid
lain untuk menghargai pendapat orang lain.
KSE 3 : Managemen Diri
1. Guru
melakukan refleksi di akhir pembelajaran
2. Guru
memberikan kesempatan kepada murid untuk mengemukakan pendapat
KSE
4 : Ketrampilan berelasi
1. Guru
menggali gaya belajar murid sesuai profil belajar murid
2. Guru
melaksanakan pembelajaran kooperatif dengan membagi kelompok sesuai dengan gaya
belajarnya
3. Guru
memandu dan memantau kegiatan pembelajaran
REFLEKSI GURU
1. Apakah
didalam kegiatan pembukaan siswa sudah dapat diarahkan dan siap untuk mengikuti
pelajaran dengan baik?
2. Apakah
dalam memberikan penjelasan teknis atau intruksi yang disampaikan dapat
dipahami oleh siswa?
3. Bagaimana
respon siswa terhadap sarana dan prasarana (media pembelajaran) serta alat dan
bahan yang digunakan dalam pembelajaran mempermudah dalam memahami konsep
perbandingan senilai dan berbalik nilai?
4. Bagaimana
tanggapan siswa terhadap materi atau bahan ajar yang disampaikan sesuai dengan
yang diharapkan?
5. Bagaimana
tanggapan siswa terhadap pengelolaan kelas dalam pembelajaran?
6. Bagaimana
tanggapan siswa terhadap latihan dan penilaian yang telah dilakukan?
7. Apakah
dalam kegiatan pembelajaran telah sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan?
8. Apakah
dalam berjalannya proses pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan?
9. Apakah
100% siswa telah mencapai penguasaan sesuai tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai?
10. Apakah
arahan dan penguatan materi yang telah dipelajari dapat dipahami oleh siswa?
JURNAL
DIRI
No |
Hari/Tanggal |
Pengalaman
yang Berkesan |
Tantangan |
Perbaikan
Kedepannya |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Karso Mulyo, S.Pd. M.T. Ulya
Mufidah, S.Pd
NIP.
197211091999031003 NIP.
198106152008012012
Demikian RPP saya buat semoga bermanfaat.....
Saran sangat saya harapkan dari pengunjung....
No comments:
Post a Comment