24 April 2016

MENYUSUN BAHAN AJAR


Bahan ajar menjadi komponen yang sangat penting dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Maka menyusun bahan ajar yang baik menjadi tugas yang harus dilakukan oleh seorang pembelajar atau guru.

Apalagi dalam era sekarang ini, guru dituntut profesional dalam menjalankan tugasnya. Menyusun bahan ajar yang baik merupakan salah satu unsur penilaian kinerja guru untuk mengukur aspek kompetensi profesionalismenya. Bahan ajar yang sering dibuat oleh guru biasanya berupa media bahan tayang dengan program powerpoint dan modul/diktat mata pelajaran, karena ini relatif mudah untuk dikerjakan.
Pada praktiknya ada beberapa persoalan ketika media bahan tayang dengan program powerpoint dan modul/diktat mata pelajaran tidak disusun secara terpadu. Banyak peserta didik yang mestinya mengikuti alur persentasi dari bahan tayang yang disajikan, tetapi mereka malah sibuk mencatatnya. Materi diktat mata pelajaran yang disusun biasanya relatif singkat dan tidak detail, sehingga masih banyak peserta didik yang memerlukan penjelasan lebih lanjut.
Atas pengalaman diatas sejak beberapa tahun yang lalu saya mencoba membuat media bahan tayang dengan program powerpoint dan modul/diktat mata pelajaran yang terpadu dan terintegrasi. Jadi peserta didik dapat menyaksikan dan mengikuti alur persentasi dari bahan tayang yang disajikan tanpa harus mencatatnya, karena sudah ada dalam diktatnya. demikian pula jika perlu penjelasan tentang materi diktat, dapat melihat kembali media presentasinya.
Para pembaca yang berminat dapat mengunduh/mendownload bahan ajar mata pelajaran matematika untuk jenjang SMP/MTs dengan mengklik tautan berikut:
Bahan ajar matematika SMP/MTs atau lihat pada laman Download


No comments:

Post a Comment

  RANGKUMAN KONEKSI ANTAR MATERI – MODUL 3.1 Perbedaan Dilema Etika dengan Bujukan Moral Dilema etika (benar vs benar) adalah situasi ...